Subscribe:

Pages

Senin, 28 November 2011

IBLIS


YANG SESUNGGUHNYA menyebabkan manusia melupakan syurga dan menghalangi anak Adam untuk masuk Syurga, adalah Iblis. Ia selalu berusaha, untuk menjerumuskan manusia supaya berbuat dosa, dan kalau perlu manusia supaya menjadi kufur atau kafir, dengan jalan begitu bertambah banyak manusia yang tidak akan ke Syurga, dan berarti bertambah ia mendapat kawan untuk masuk ke dalam neraka. Akan tetapi sekarang, sebelum dunia kiamat apabila Iblis mau bertobat kepada Alloh, niscaya Alloh akan mengampuni dosa-dosanya.
Suatu ketika diceritakan datanglah Iblis kepada Nabi Musa a.s. Kata iblis : "Apabila engkau berdo'a kepada Tuhanmu, maka cobalah engkau mohon syafaat untukku dari sisi Alloh, dan mintalah apakah masih ada pintu tobat terbuka untukku? Jika sekiranya aku bertobat?
Maka tatkala Nabi Musa munajat kepada Tuhan, katanya : Ya Tuhanku, apakah sekiranya engkau terima tobat iblis itu, kalau dia mau bertobat?
Jawab Alloh : Aku telah mengetahui lebih dulu, bahwa iblis itu tidak akan mau bertobat, tetapi Aku adalah penerima tobat dan Maha Penyayang. Maka kalau sekiranya dia mau bertobat, niscaya dia mau sujud kepada adam, oleh karena itu, kalau sekiranya saja, dia mau sujud disisi kubur adam, niscaya aku terima tobatnya.
Kemudian setelah Nabi Musa kembali dari munajatnya kepada Tuhan datanglah Iblis bertanya kepadanya : Hai musa, apa yang kau lakukan tentang maksudku?
Jawab Nabi Musa : Perkara Taubatmu itu, katanya tergantung kepada soal sujudmu kepada Adam, meskipun kau sujud disisi kuburnya saja, niscaya Ia akan menerima taubatmu".
Kata Iblis : "Ya Musa, sedangkan selagi ia hidup aku tidak mau sujud padanya, maka bagaimana aku harus sujud sekarang sedang dia sudah mati".
Diceritakan pula.
Apabila Iblis akan diambil nyawanya pada hari kiamat, datanglah Izra'il dan beberapa malaikat untuk membantu akan mencabut nyawa Iblis. Kemudian Iblis melompat lari kemana-mana kedaratan dan kelautan, tetapi tidak dapat baginya tempat bersembunyi dan kemudian sampailah dia di tepi kubur Adam, lalu ia sujud di kuburan Nabi Adam. Kemudian kata malaikat-malaikat itu kepada iblis :
"Tuhan tidak akan menerima Tobatmu, karena sudah dekat ajalmu, baru engkau mau bertobat, pintu taubat sudah tertutup untukmu".
Lalu kata Iblis dengan jahil : ,,Kalau sekiranya aku tahu dari dulu disini adalah kuburnya Adam, tentu aku akan sujud kepadanya"
Kemudian Iblis direjeng beramai-ramai oleh malaikat-malaikat itu, lalu Izra'il mencabut nyawa Iblis dengan sekuat-kuatnya sehingga iblis menjerit karena kesakitan.
Diriwayatkan pula. Apabila sudah kiamat, jadilah orang-orang ahli syurga, tinggal disyurga dan penduduk neraka tinggal di neraka, maka sesudah 100.000 sekali Alloh menyuruh supaya dikeluarkan dari neraka akan Iblis itu dan dikeluarkan Adam dari syurga. Alloh menyuruh Iblis supaya mau sujud kepada Adam, akan tetapi sayang iblis itu tidak mau turut perintah itu. Kemudian Alloh kembalikan Iblis itu kedalam neraka, dan kembali Adam ketempatnya didalam syurga. Maka itulah sebabnya Alloh nyatakan : ,,Bahwa betul-betul Iblis selain syetan itu memusuhi kepada manusia".
Dari kitab Bada'i-uz Zuhur halaman 50
Sampai disinilah tulisan kami ini, maka atas inayat Alloh kami menyusun risalah ini. Semoga dapat diterima baik bagi pembaca, dan mudah-mudahan Alloh jadikan tulisan kami ini menjadi amal yang manfaat. Manfaat bagi kaum muslimin, saudara-saudara pembaca, dan bagi kami sendiri, bagi penerbit dan bagi siapa saja orang-orang yang yakin kepada Tuhan.

0 komentar:

Posting Komentar